web site hit counter
Friday , 23 April 2021
Home / Moto GP / Vinales ‘Juara’ Tes Pramusim

Vinales ‘Juara’ Tes Pramusim

Bagaimana di Musim Sebenarnya?

 

Maverick Vinales tampil mantap di tes-tes pramusim lalu. Kini aksi rider Movistar Yamaha itu dinantikan pada musim yang sebenarnya.

Rider Spanyol 22 tahun tersebut pantas didaulat sebagai “juara” dari tes-tes pramusim lalu. Bagaimana tidak, Vinales merajai catatan waktu dari keempat sirkuit berbeda dalam rangkaian tes itu.

Dari catatan waktu gabungan pada masing-masing tes di Valencia, Sepang, Phillip Island, dan Losail, yang dirangkum GPUpdate.net, nama Vinales bercokol tak tergoyahkan di posisi teratas.

Kecepatan dan lajunya di atas Yamaha YZR-M1 membuat rookie terbaik MotoGP 2015 tersebut terus-menerus diperbincangkan saat membahas tes pramusim, juga musim balapan yang akan bergulir tanggal 26 Maret mendatang.

Performa Vinales, yang sebelum ini dua musim membela tim pabrikan Suzuki di kelas primer, sekaligus dirinya digadang-gadang sebagai salah satu favorit utama untuk MotoGP 2017.

Setelah tes terakhir di Losail lalu, rider Ducati Andrea Dovizioso mengaku puas dengan hasil dan bisa saja amat sangat puas jika bukan karena kencangnya Vinales — yang ia prediksi masih bisa lebih kencang lagi.

Pebalap Avintia Racing Loris Baz sampai menyebut cuma Vinales yang mampu bersaing dengan juara bertahan Marc Marquez dari Repsol Honda pada perebutan gelar juara dunia kali ini.

Manajer Tim Suzuki Davide Brivio, yang terkaget-kaget dengan betapa cepatnya adaptasi Vinales di Yamaha, bahkan lebih jauh lagi dengan mengatakan musim ini akan jadi titik awal persaingan panjang Vinales dengan Marquez.

“Maverick memang sangat tangguh,” aku Marquez usai tes pramusim lalu.

Berkat performa itu Vinales juga mampu mengungguli rekan satu timnya sendiri — rider kawakan Valentino Rossi. Situasi ini menarik karena sempat ada dugaan Vinales akan terintimidasi oleh Rossi.

Nah, satu hal yang bisa menjadi kendala buat Vinales adalah perkara pengalaman. Ini baru akan menjadi musim keempatnya di MotoGP. Sejauh ini juga baru satu kemenangan, dari total empat podium, yang ia raih di kelas primer.

Satu hal yang bisa menjadi kendala buat Vinales adalah perkara pengalaman. Ini baru akan menjadi musim keempatnya di MotoGP. Sejauh ini juga baru satu kemenangan, dari total empat podium, yang ia raih di kelas primer.

Kendatipun musim lalu menyudahi musim di posisi empat klasemen akhir, Vinales juga belum pernah benar-benar terlibat langsung dalam persaingan (dan merasakan tekanan) dalam perebutan gelar juara dunia kelas primer.

Satu hal yang pasti, Vinales sudah siap-sedia tancap gas untuk balapan pada akhir pekan. Dan menilik dari hasil tes-tes pramusim, juara dunia Moto3 2013 itu unjuk potensi untuk jadi salah satu rider yang layak difavoritkan pada 2017.

“Saya tidak mau membebani diri sendiri maupun tim. Saya pikir kami harus berusaha mengejar kemenangan, tapi kami bukannya wajib menang. Itu cuma balapan pertama. Kami harus mendapat pengalamannya,” ujar Vinales pekan lalu.

About abu nawas

Check Also

Vinales Fokus Juara

Vinales Kejar Gelar Juara Dunia   Hasil tes di Valencia dan Sepang sudah cukup untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *