web site hit counter
Saturday , 27 February 2021
Home / Berita Bola / Piala AFF Suzuki Cup 2016 Leg I : Indonesia 2-1 Thailand

Piala AFF Suzuki Cup 2016 Leg I : Indonesia 2-1 Thailand

55555555555555

Respons Tepat Riedl Antar Indonesia Kalahkan Thailand di Babak Kedua

Indonesia tampil heroik pada leg pertama final AFF Suzuki Cup 2016. Sempat tertinggal terlebih dahulu lewat gol Teerasil Dangda, Indonesia berbalik menang 2-1. Gol Rizky Pora dan Hansamu Yama pada babak kedua membuat Indonesia memiliki modal bagus untuk leg kedua nanti.

Pada laga ini, Indonesia sempat tampil kikuk pada awal laga. Kecolongan satu gol menjadi bukti bahwa pada babak pertama Indonesia tampil tak lepas. Apalagi Thailand menurunkan susunan pemain berbeda pada laga ini.

Tapi berkat perubahan yang dilakukan pelatih Alfred Riedl, Indonesia akhirnya mampu tampil membaik pada babak kedua. Di babak ini, Indonesia cukup berani menekan sehingga akhirnya terciptalah dua gol Indonesia.

Bermain di kandang, Indonesia biasanya bermain sangat dominan. Melawan Vietnam pada leg pertama misalnya, Indonesia berhasil menciptakan sembilan tembakan ketika Vietnam yang banyak terkurung hanya mencatatkan lima tembakan saja.

Akan tetapi, Indonesia justru tampak kesulitan membangun serangan lawan Thailand. Pada babak pertama Indonesia hanya melepaskan dua tembakan, itu pun melenceng keduanya. Padahal Thailand berhasil mencetak enam tembakan, yang salah satunya menjadi gol.

Salah satu faktor yang membuat permainan Indonesia tak berkembang adalah adanya perubahan sistem permainan Thailand. Skuat asuhan Kiatisuk Senamuang tersebut biasanya memainkan skema dasar 3-4-1-2, namun pada laga ini Thailand menggunakan formasi dasar 4-1-4-1.

Perubahan ini terjadi setelah dua pemain andalan Thailand absen pada laga ini karena cedera. Kedua pemain tersebut adalah pemain yang biasanya menghuni posisi bek tengah Thailand dalam skema tiga bek; Tanaboon Kesarat dan Pratum Chutong.

Sebagai gantinya, Adison Promrak diduetkan dengan Kroekrit Thawikan di jantung pertahanan. Teerathon Bunmathan menghuni bek kiri, sementara Tristan Do bermain sebagai bek kanan. Sarach Yooyen dan Chanatip Songkrasin ditemani Pokklaw Anan di lini tengah. Sarawut Masuk dan Koravit Namwiset bermain menghuni kedua sayap.

Dengan formasi ini pun para pemain Thailand tak terlalu terfokus dengan umpan-umpan pendek yang biasanya menjadi khas permainan Thailand. Pada laga ini, umpan-umpan direct pun kerap dilakukan Thailand. Bola sebisa mungkin diarahkan ke kedua sayap atau pada Teerasil.

About abu nawas

Check Also

Barcelona 3-2 Real Sociedad

Diwarnai sepasang gol Lionel Messi, Barcelona mendapat perlawanan sengit Real Sociedad di mana laga berakhir …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *