web site hit counter
Sunday , 27 September 2020
Home / Politik / Citra Santun Ahok Mengalami Peningkatan menurut Survei LSI

Citra Santun Ahok Mengalami Peningkatan menurut Survei LSI

Citra Santun Ahok Mengalami Peningkatan menurut Survei LSI

lsi-820x400-1

Dki Jakarta – Lembaga Survei Indonesia atau yang kita kenal dengan “LSI” merilis hasil survei pasangan calon yang bertarung di Pilkada DKI 2017. Dalam hasil temuan, calon Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau yang kita kenal dengan sebutan Ahok mengalami kenaikan skor.

“Ramah dan santun merupakan sifat Ahok yang paling rendah di antara kualitas personal lainnya, juga di antara calon lain. Namun demikian citra ramah atau santun Ahok tampak mengalami peningkatan perubahan positif dibanding bulan lalu,” ujar Direktur Eksekutif LSI Kuskridho Ambardi di Hotel Century Park Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/12/2016).

Menurut hasil yang dilihat, tren citra Ahok yang mendapat skor tertinggi adalah aspek pintar atau berwawasan luas yang mendapatkan hasil skor 87 pada November 2016 dan 90 dari skala 100 pada Desember 2016. Walau kurang memuasakan dibandingkan calon Gubernur lainnya, aspek santun pada Ahok mengalami  peningkatan signifikan dari skor 29 pada November 2016 menjadi 39 pada Desember 2016.

“Apakah naiknya tingkat kedisukaan terhadap Ahok ini memiliki dampak positif terhadap elektabilitasnya? Selain persepsi ramah dan santun yang meningkat dibanding bulan lalu, adakah pertimbangan lain yang menyebabkan tingkat kedisukaan terhadap Ahok naik?” lanjut Kuskridho.

Ahok sendiri mengungguli para pesaing lainnya yakni Agus Yudhoyono dan Anies Baswedan dalam hal elektabilitas. Ahok memperoleh 32,9 persen, disusul Agus dan Anies di angka 25,1 persen dan 23,2 persen. Sementara yang tidak tahu atau rahasia sebanyak 18,8 persen.

Dalam survei ini, LSI mengambil 800 sampel untuk diwawancara tatap muka. Populasi survei ini seluruh warga negara Indonesia (WNI) di Provinsi DKI Jakarta yang memiliki hak pilih, yakni mereka yang sudah berusia minimal 17 tahun. Survei dilakukan sejak tanggal 3 sampai 11 Desember 2016.

Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error lebih kurang 3,5 persen. Quality control hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen. Survei dilakukan dengan biaya sendiri.
(dkp/rna)

About abu nawas

Check Also

Dikalahkan Agus di Survei Kompas, Ahok: Saya Tak Mau Nyalip, Lompat Saja

Jakarta – Survei Litbang Kompas menunjukkan cagub-cawagub DKI nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *